CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 06 Mei 2011

ORGAN

ORGAN

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu didalam tubuh suatu organisme.

Organ pada manusia
            Organ pada manusia yang ditemukan pada laki-laki dan perempuan,antara lain kulit,otak,mata,telinga,jantung,paru-paru,lambung,hati,dan ginjal.Organ yang hanya dimiliki oleh laki-laki adalah testis,sedangkan organ yang hanya terdapat pada perempuan adalah ovariun.

Kulit
Kulit merupakan gabungan dari beberapa jaringan,antara lain jaringan epitel,pengikat,otot,darah,dan saraf.
Fungsi kulit:
Melindungi tubuh dari kuman,suhu dingin,sinar ultrafiolet,zat-zat kimia,dan tekanan mekanik
Sebagai alat ekskresi yaitu mengeluarkan keringat,mengubah provitamin D menjadi vitamin D,mengatur suhu tubuh

Mata
            Mata disusun oleh beberapa jaringan misalnya jaringan otot,dara,saraf,dan pengikat.mata berfingsi untuk melihat,apabila jaringan-jaringan pada mata mata tidak berfungsi dengan baik maka mata juga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jantung
            Jantung disusun oleh beberapa jaringan misalnya jaringan otot,darah,dan saraf.Jantung berfungsi sebagai pusat peredaran darah.J8ika salah satu jaringan mengalami gangguan maka jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jaringan pada tumbuhan
            Tumbuhan mempunyai tiga organ utama akar,batang,dan daun
Akar
            Akar merupakan organ tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan zat-zat yang terlarut didalam tanah.Struktur akara dari luar kedalam meliputi epidermis,korteks,endodermis,dan stele

Batang
            Batang merupakan organ tumbuhan yang berfungsi sebagai lalu lintas air dan zat makanan.Pada beberapa jenis tumbuhan,misalnya sagu,batang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan.Struktur batang dari luar kedalam meliputi epidermia,kroteks,endodermis,dan stele.

Daun
            Fungsi utama daun adalah sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.Struktur daun dari atas ke bawah meliputi epidermis atas,jaringan tiang,jaringan bunga karang,beerkas pengangkut,epidermis bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar